Komputer Restart Berkali-kali

by

Komputer Abah  di Samarinda seringkali restart sendiri saat digunakan. Ketika teknisi datang, ia menjelaskan bahwa prosessor di dalam CPU menggembung, entah karena apa.

setelah berbulan-bulan dipakai, hardisk yang digunakan untuk menyimpan data akhirnya rusak karena listrik yang tidak stabil. Kebetulan abah dan mama berencana mengunjungi adik yuang ada di Yogya, diputuskanlah untuk membeli komputer yang baru dengan menjual komputer yang dicurigai bermasalah tersebut di sana. Spek baru yang dipilih pun sudah sekelas pentium generasi baru.

Logikanya, seharusnya tidak ada lagi masalah. Sayangnya, ketika komputer dipasang, lagi-lagi komputer mati sendiri dan restart lagi.

“Wah, ada apa ini?” pikir abah. Ia berkonsultasi dengan adik-adikku dan aku.
“Mungkin ada virusnya, bah!” jawabku.
“Ngga mungkin, kan PCnya baru diinstall”.
“Bisa jadi listrik di stop kontaknya yang sekarang bermasalah, atau sambungkan saja sementara PC tanpa UPS atau baterai cadangan” tambahku.Hasilnya pun masih tetap sama.

Abah masih penasaran. Ia pun pindahkan sumber listrik dari mcb yang berbeda. Masih sama juga. Akhirnya ia bereskan kabel-kabel yang ada, sampai akhirnya menemukan jawaban yang dicari-cari, kemudian ia meneleponku, “JIM, kabelnya kejepit lemari!”🙂.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: