Akupun Menangis – Ayat-ayat Cinta

by

Subhanallah, …

Difilmkannya film ini membuat hatiku terharu, bahagia sekaligus bangga sama kang Abiek, panggilan akrab Habibburahman El Shirazy penulis ayat-ayat Cinta. Beberapa penonton yang menyaksikan film ini ada yang menangis dan ada yang tidak.

Awalnya,  anggapanku, “Ah, cengeng bener sih orang, liat film gitu aja sampe nangis?”.
Namun, apa yang terjadi? Setiap detik dari film ini sangat berarti untuk diikuti, perasaan selalu bergetar begitu mendengar ‘ayat-ayat’ yang ingin disampaikan Kang Abiek yang difilmkan itu …

1. Salam kepada Nabi, Yaa Nabi salamun Alaik (salam sejahtera untuk Nabi) — di awal film ini aku sudah merinding mendengar panggilan selamat untuk Rasullullah saw. Kesan pertama adalah begitu kentalnya nuansa Islam yang sangat Agung. Subhanallah…

2. Dalam kehidupan yang nyata, pergumulan dengan masalah selalu aja ada. Film ini mengingatkan kepada kita semua untuk menapaki satu nilai utama yaitu SABAR dan IKHLAS. Mengapa harus SABAR? Karena SABAR adalah sahabat utama yang dapat menolong kita ketika menghadapi masalah. Mungkin kita semua sudah mengetahui apa itu sabar, tapi belum mengenal apa itu sabar. Keutamaan SABAR ini pun Allah swt yang Maha Pengasih dalam firmannya Al-Baqarah 153:

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar”

3. Toleransi antar umat beragama digambarkan secara utuh dalam film ini. Bahwa Islam itu bukan agama teroris. Keberadaan seorang yang mengaku-aku sebagai muslim namun hatinya bukanlah muslim sebenarnya. Fahri yang digambarkan kang Abiek dalam film ini mewakili toleransi nilai-nilai Islam yang dibawakah dan dicontohkan oleh Rasullullah saw.
 
 

5 Responses to “Akupun Menangis – Ayat-ayat Cinta”

  1. loper Says:

    Rahmatan Lil’alamin itu menjaga atau memberangus yang tidak sepaham? atau malah mengkotak² kan .. ah … jadi ngomong serius nanti.

    salam.

  2. kakanda Says:

    Kalau untuk filmnya, no comment dulu deh,…

  3. Rahmad Hernadi Says:

    Kamu nangis Jim? Masih kurang ajaib tuh, yang ajaib lagi tuh bokap sama nyokapku juga nonton tuh film di Twenty one SCP Samarinda. Nangis pula…sampai melongo aku ngeliatnya.

  4. Agung Says:

    Karena Ayat Allah yang bikin terharu .. BUKAN FILM AYAT-AYAT CINTA .. Filmnya sih Biasa aja NGGAK ada yang ISTIMEWA

  5. Dutin Dang Says:

    hye

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: