Toraja: Kete Kesu

by
Tana Toraja - Kete Kesu

Tana Toraja - Ke'te' Kesu'

Alhamdulillah, saya bersama rekan tim Fridist menyempatkan untuk melihat situs tertua yang masih ada di sela-sela hari libur saat kami ditugaskan untuk mentraining oleh perusahaan di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.
Kete Kesu adalah sebuah kampung Toraja yang masih terpelihara sampai saat ini. Cagar budaya ini merupakan yang terkenal dan paling banyak dikunjungi wisatawan manca negara dan domestik seperti saya.šŸ˜‰

Kampung Bonoran, orang banyak pula menyebutnya berjarak tidak jauh dari kota Rantepao. Kalau Anda berkendara mobil, bisa ditempuh kurang lebih 10 menit. Lokasi ini terdapat perumahan dan makam keluarga penduduk Toraja. Rumah adat khas Toraja disebut Tongkonan lengkap dengan lumbung padinya. Rumah adat ini konon tidak berpaku. Tapi dirancang dengan sisi satu dan sisi lainnya saling mengunci, sedangkan atap yang terbuat dari 6 ruas bilahan bambu sebagai kunci terakhir. Cerita dari seorang kawan yang ada di Palopo – Pak Jervin – atap bambu ini memiliki keunikan. Saya terkesan dengan ceritanya dimana potongan bambu yang berukuran kurang lebih 20-30 cm, dibagi dua. Kemudian tingkat pertama disusunlah separuh potongan bambu yang berbentuk setengah lingkaran itu sepanjang sisi atapnya.Kalau hujan datang otomatis berfungsi sebagai talang air. Begitu pula dengan tingkat kedua, disusunlah potongan bambu tersebut menyilang dengan arah yang terbalik. Tingkat ketiga dengan posisi yang sama seperti tingkat pertama, begitu seterusnya sampai tingkat keenam. Oleh karenanya berat atap bambu yang sudah berat dapat berfungsi sebagai kunci terakhir.

Foto di atas saya ambil menggunakan tripod di dalam gua yang dijadikan sebagai makam salah satu keluarga di Tana Toraja. Berdiri dari kiri ada Dori, Pak Erol, Pak Anto, Elan, Nelda, Pak Andries, Reza dan sobat kecil yang berjongkok bersama saya. Terima kasih juga buat Hendri – sobat kecil yang berjongkong paling kanan di samping saya – yang sudah banyak menjelaskan banyak informasi mengenai situs ini.

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: